Waspada Petasan Saat Ramadhan

Waspada Petasan Saat Ramadhan

Bukannya mau ngelarang tapi malam kepayang ! Bukannya mau ngelarang Malah banyak yang jualan ! Begitulah kata kebanyakan orang tua saat mengeluh pada saat memarahi anaknya yang main petasan.

Bukan apa-apa petasan atau merecon pasti selalu membahayan bagi anak-anak entah itu bunyi ledakannya ataupun ledakannya.

Banyak korbar yang telah berjatuhan akibat petasan ini, bahkan sampai kebakaran . Namun entah mengapa mereka tidak takut lagi akan kejadian itu, terlebih lagi bagi orang yang membuat petasan.

Bahaya petasan bagi kulit tangan 

Petasan mempunyai daya ledak yang sangat berbahaya terutama bila terkena pada tangan. Ledakan ini menyebabkan luka pada kulit, bahkan petasan yang volumenya lebih besar bukan hanya menyebabkan luka pada kulit saja melainkan menghancurkan kulit.

Ya kejadian ini pernah di alamin oleh beberapa bocah atau anak-anak pada saat bermain petasan atau merecon.

Berikut ini adalah bahaya petasan pada kulit

  • Kulit melepuh atau terkelupas
  • Kulit lebam
  • Luka bakar
  • Luka robek atau sayat
  • Darah membeku di dalam kulit  ( wuwungeun )
  • Merusak jaringan dan sel kulit

Tentunya semua hal itu dapat merugikan kita semua, namun anda jangan khawatir dengan kejadian tersebut, pasti di balik semua itu ada hikmahnya ( rasa kapok ).

Waspada Petasan Saat Ramadhan

Setelah bertahun-tahun  dan semakin dewasa, pasti ada saatnya kami belajar banyak akan bahaya bermain petasan bagi kesehatan. Bahwa bahaya ledakan petasan sangatlah berbahya jadi hendaknya dihindari.

Berikut ini merupakan pengalaman saya untuk menghindari bahaya petasan di antaranya :

  • Saya mungkin tidak tahu apa itu namanya, akan tetapi serbuk yang digunakan untuk membuat petasan tersebut adalah bahan peledak. Bahaya luka terbakar dan kehilangan anggota tubuh, terutama jari dan mata selalu mengintai.
  • Kembang api yang sering kali kita biarkan anak-anak balita bermain dengannya tentunya berbahaya, karena panas yang ditimbulkan oleh kembang api sangatlah berbahaya. Tentu saja anda tidak akan membiarkan anak anda terluka bukan, jadi mengapa membiarkan anak balita anda bermain dengan kembang api.
  • Berhati-hatilah terhadap sumbu kembang api, sumbu sepanjang beberapa cm saja akan meledak dalam kurun waktu yang sangat singkat kurang dari sekitar 10 detik. jadi untuk menghindarinya anda hanya butuh 10 detik dari waktu anda melempat petasan.
  • Petasan yang dikira tidak menyala lagi, jangan sekali-kali anda pegang dengan jari atau tangan, karena kemungkinan besar petasan tersebut masih menyala dan tentunya masih bisa meledak.
  • Ingat petasan bukan mainan biasa ya ! Jadi jangan sekali-kali dilemparkan kepada orang atau binatang, bahaya kebakaran akan selalu mengancam.
  • Menyaksikan petasan harus dalam jarak aman ya kira-kira cukup jauh, paling sedikit 5 meter, terlebih lagi bagi anak-anak jangan pernah gegabah dengan petasan.

Nah itulah beberapa pengalaman yang tentunya dapat meng antisipasi dari Waspada Petasan Saat Ramadhan versi pengetahuan saya, semoga bermanfaat dan ingat “bagi anak-anak jangan sekali-kali bermain dengan petasan”.

obatlukairitasikulitwajahdiapotik.wordpress.com | Waspada Petasan Saat Ramadhan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s